Sabtu, 11 Maret 2017

[Review] Romantic Doctor, Teacher Kim : Bukan Sekedar Romantis

NOW PLAYING : Old And Wise - The Alan Parsons Project


Romantic Doctor, Teacher Kim atau biasa dikenal Romantic Doctor, Kim Sa Bu ini adalah serial medis favorit saya setelah Beautiful Mind. Drama ini tayang di SBS yang baru tamat Januari lalu.

Tak banyak artikel yang memuat informasi drama ini. Ga tau kenapa, tapi untungnya banyak orang yang puas setelah nonton drama ini. Termasuk saya.

Saya tergerak untuk me-review sedikit drama medis yang satu ini.


Spoiler alert! Drama ini bercerita tentang sosok Kim Sa Bu. Sosok misterius yang bisa ngubah sudut pandang seseorang yang pernah kenal sama dia. Dia bekerja di satu rumah sakit yang terpencil, kumuh, dan jauh dari keramaian. RS Doldam.



Suatu hari, Kim Sa Bu ini bertemu dengan perempuan yang bernama Yoon Seo Jung. Dari sana Yoon Seo Jung mulai mengagumi Kim Sa Bu. Di tempat lain, Kang Dong Ju dijebak sehingga dia dikirim ke RS Doldam. Kang Dong Ju mabuk dan bertemu Kim Sa Bu. Akhirnya Kang Dong Ju pergi ke RS Doldam dan di sana dia bertemu Yoon Seo Jung yang adalah seniornya di RS Godae.


Kang Dong Ju mulai beradaptasi di RS yang tidak punya aturan, dokter terbatas, dan alat-alat kedokteran yang tak layak pakai. Dan dia tau kalau Kim Sa Bu adalah Dr. Bu Yong Ju yang telah memberinya motivasi untuk menjadi dokter. Kang Dong Ju mulai belajar bagaimana menjadi seorang dokter yang sesungguhnya.


Saya sangat menyukai drama ini. Menurut saya, drama medis ini beda dari yang lain. Liat aja, writer-nim memilih RS Doldam sebagai tempat syutingnya. RS angker, kecil, alat-alatnya harus digetok dulu baru nyala, tapi susternya dan petugas medis lain yang ada di sana pada gerak cepat layaknya seorang profesional. Ceritanya juga mind blowing. Preview nya ngecoh banget!

Apalagi saya suka banget medicap yang selalu diposting sama Michykdrama. Meskipun saya ga tau tentang medis, dari blog ini saya jadi sedikit tahu tentang penyakit-penyakit yang ada di drama medis. Artikelnya kece-kece abis. Ditambah penulis blognya adalah seorang yang berpengalaman di dunia medis.. wah, Ntap!


Saya sih ngga ngeh di episode awal karena saya sangat menikmati tiap adegan di drama ini. Waktu itu Kang Dong Joo sedang merawat pasien, tapi dia tak memakai maskernya. Saya sadar setelah baca di blog ini yang memposting soal ketidaklogisan yang ada di drama ini. Ha. Dan Yoon Seo Jung yang melakukan hal mustahil di UGD dengan menghentikan darah yang mengalir pake jari telunjuknya langsung. Menurut artikel yang saya baca, itu sangat mustahil terjadi, karena kita nggak akan tau dari mana darah berasal.

Sampai akhirnya, mereka (dokter yg nonton drama ini) malah bener-bener suka sama drama RDTK. 


Menurut mereka (dokter), drama ini keren karena drama ini punya+berani pakai CPB/Cardiopulmonary Bypass (alat-pompa-jantung) yang harganya mahaaal bgt dan itu ngebuat operasi di drama ini terlihat seperti operasi sungguhan. FYI, alat pompa ini hanya muncul di drama Romantic Doctor dan Beautiful Mind


Di artikel itu juga terdapat medicap operasi Ketua Shin. Di sana Michykdrama bilang kalau operasi penggantian baterai jantung Ketua Shin itu adalah operasi jantung pertama yang paling nyata/realistis yang pernah dia liat di drama. Waa! Saya merinding bacanya! SW-nim dan PD-nim bener-bener memperhatikan hal sedetail itu.

Sebagai orang yang tak tahu medis, saya menganggap semua operasi yang pernah ku lihat keren-keren saja. Tapi, kalau sampai ada dokter yang memuji operasi itu....wah berarti itu emang beneran keren!


Kembali ke cerita. Saya suka bagaimana ceritanya mengalir. Semua karakter mencoba mengenal satu sama lain. Saling membantu dengan melepas ego masing-masing.


Mari saya ingatkan pada sosok Do In Bum. Dia adalah anak Direktur Do (Direktur RS Godae), sekaligus teman seangkatan Kang Dong Ju. Karena koneksi ayahnya, dia merasa tinggi hati diantara yang lain, tapi dia tak pernah bisa mengalahkan Kang Dong Ju. In Bum juga ngga mau mengakui kehebatan Dong Ju karena harga dirinya sangatlah tinggi.


Karena suatu alasan, dia dikirim ke RS Doldam sebagai mata-mata ayahnya. Do In Bum bahkan sampai berbohong tentang pengalamannya di dunia operasi agar dia diizinkan operasi oleh Kim Sa Bu. FYI, dokter tidak boleh berbohong tentang pengalamannya (dalam operasi) karena bisa berakibat fatal bagi pasien.


Akhirnya, Do In Bum sadar. Lalu dia membuang egonya jauh-jauh dan menjadi dokter yang sesungguhnya. Dia sudah banyak belajar selama bekerja di RS Doldam yang tidak pernah dia dapatkan di RS Godae. Dia juga tetap menghormati ayahnya, meskipun dia sudah berbeda jalur (milih jalan yang benar). 



Sampai drama ini hampir tamat pun, drama ini masih menyediakan twist yang ngga pernah saya sangka sebelumnya. Seperti Kang Dong Ju yang memang tidak pergi keluar negeri, pertemuan KimSaBu-SusterOh-DokterNam dan mantan kekasih Kim Sa Bu yang muncul di akhir episode. Cameo Kim Hye Soo! 


Kisah cinta? Saya suka kisah cinta yang ada di drama ini. Agak rumit, tapi nggak lebay. Cinta yang bertepuk sebelah tangan. Tapi sebenernya, drama ini nggak terlalu fokus sama kisah cinta sih, haha. Yang paling menonjol kisahnya KangDongJu-YoonSeoJung aja. He.


Oiya, yang paling penting sisi humor nya.. Drama ini juga menyisipkan komedi di tiap episodenya. Sosok komedi itu sering muncul pada karakter Kang Gi Tae, manajer RS Doldam. Ya...pokoknya, semua orang yang ada di RS Doldam juga kocak-kocak semua! Hehe.

Saya juga emang ngga ngeraguin, pasti Drama Korea selalu 'niat' dalam memproduksi suatu karya. Budget yang dihabiskan, pemain yang terus berkatih agar aktingnya terlihat natural, dan lokasi syuting yang dibuat sedemikian rupa. 

Dari blog kutudrama, saya tau beberapa fakta menarik seputar drama ini. Soal RS Doldam yang sebetulnya adalah Korporasi Manajemen Fasilitas Pocheon yang di ubah jadi RS Doldam yang terlihat angker. Readers bisa liat BTS Romantic Doctor lengkap yang ada  di sini. BTS nya kece-kece!

"nangman."

Lantas...Dokter Romantis itu apa? Menurut saya, itu bukan sekedar romantisme umum seperti yang kita tau selama ini. Tapi, bagaimana sosok Kim Sa Bu yang menikmati kehidupannya dengan bekerja di RS Doldam, padahal dia adalah dokter yang berbakat yang saya yakin mampu berbuat lebih. Dia meninggalkan semua itu. Dan dia berhasil membuat orang yang pernah mengenalnya menjadi seseorang yang bisa menghadapi masalah yang ada di hadapan mereka.


Seperti yang pernah Kim Sa Bu bilang, "Don't give up asking questions WHY WE LIVE and WHAT WE LIVE FOR. The moment you give up on that, the romance in life ends."



Saya menyukai hampir semua karakter yang ada di drama ini! Han Suk Kyu, ini pertama kalinya saya melihat dia di drama. Dia sangat berkarisma! Cara ngomongnya itu loh...santai, tapi menohok. Seo Hyun Jin, Yoo Yoon Suk, Yang Se Jong, Jin Kyung, Kim Min Jae, Seo Eun Su dan seluruh staf RS Doldam yang lain juga ngga kalah keren, saya ngga tau apa jadinya kalau ngga ada mereka di drama ini.


Akhir kata, saya sangat puas dengan drama ini...mungkin karena saya suka drama medis HAHA. Bukan hanya itu, drama ini memberi banyak pelajaran tentang kehidupan dari beberapa perspektif yang berbeda.

Sekian dan Terima kasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar